Laporan Praktikum Modul 3 PBO
OOP Lanjutan
A. Dasar Teori
1. Definisi objek
Setiap objek (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan template pada sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Method adalah suatu operasi berupa fungsi - fungsi yang dapatdikrjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing - masing class pasti memiliki minimal satu construktor.
2. Method Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter.
3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.
B. Praktikum
1. Buatlah Projek Baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO
2. Buat File Empty Java File Baru
3. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.Java
Kemudian jalankan program diatas
Praktikum 2
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.Java
Kemudian jalankan program diatas
Praktikum 3
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.Java
Praktikum 5
1. Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Mobil.Java
2. Ketikan Source Code berikut
5. Jalankan program diatas
DAFTAR PUSTAKA :
Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek UNIKU
A. Dasar Teori
1. Definisi objek
Setiap objek (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan template pada sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Method adalah suatu operasi berupa fungsi - fungsi yang dapatdikrjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing - masing class pasti memiliki minimal satu construktor.
2. Method Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter.
3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.
B. Praktikum
1. Buatlah Projek Baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO
2. Buat File Empty Java File Baru
3. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.Java
Kemudian jalankan program diatas
Praktikum 2
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.Java
Kemudian jalankan program diatas
Praktikum 3
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.Java
3. Buat File empty Java File Baru
4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file andri.Java
5. Jalankan program diatas
Praktikum 4
1. Buat File Empty Java File Baru
2. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.Java
3. Buat File Empty Java File Baru
4. Ketikan Source Code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.Java
5. Jalankan kode program diatas
1. Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Mobil.Java
2. Ketikan Source Code berikut
3. Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama Utama.Java
4. ketikan kode program berikut
Latihan / Posttest
1. Buatlah program penerapan class, objek, atribut, method sperti praktikum 3 dengan class / objek yang lain.
- Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file klakson.Java
Ketikan kode program berikut
- Buatlah File Empty Java File java pada projek tersebut dengan nama suaraklakson.Java
Ketikan Source code nya
Jalankan programnya
Tugas Individu
1. Buatlah program praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPane
- Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file Manusia.Java
Ketikan kode program berikut
- Buatlah File Empty Java File Java pada projek tersebut dan simpan dengan nama file andri.Java
Ketikan kode program berikut
Jalankan program diatas
Modul Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek UNIKU
Komentar
Posting Komentar